Rabu, 18 Mei 2016

7 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan dan Kecantikan

7 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan dan Kecantikan

7 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan dan Kecantikan
7 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan dan Kecantikan - Teh hijau telah mendapat banyak perhatian dalam beberapa tahun terakhir, dan bukan hanya untuk manfaat kesehatan yang luar biasa sementara dikonsumsi sebagai minuman.

Bahkan perusahaan kosmetik telah memanfaatkan keampuhan kualitas anti-oksidan teh hijau dan mulai menambahkan ke produk mereka untuk wajah dan tubuh. Tapi apa tepatnya yang membuat teh hijau memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan dan kecantikan Anda?

Penelitian klinis telah menunjukkan bahwa daun teh hijau mengandung jumlah anti-oksidan yang tinggi, yang dapat melawan radikal bebas (partikel-partikel berbahaya dalam tubuh yang berkontribusi terhadap penuaan dan penyakit).

Anti-oksidan ini bekerja untuk melawan radikal bebas bila diterapkan ke kulit dengan cara yang sama seperti ketika mereka dicerna.

Berikut 10 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan dan Kecantikan

7 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Teh Hijau Dapat Mencegah Kanker


Menurut National Cancer Institute, polifenol dalam teh telah terbukti dapat menurunkan pertumbuhan tumor. Dalam penelitian laboratorium tersebut juga diketahui bahwa teh hijau dapat melindungi terhadap kerusakan yang disebabkan oleh radiasi UVB ultraviolet.

Penelitian lain menunjukkan efek pencegahan teh pada kanker juga tergantung pada individu masing-masing. Setidaknya Anda membutuhkan 2-10 cangkir teh setiap harinya untuk mencegah kanker.

2. Teh Hijau Dapat Meningkatkan Pembakaran Lemak dan Meningkatkan Kinerja Fisik


Jika Anda melihat daftar bahan untuk pembakaran lemak suplemen, kemungkinan bahwa teh hijau akan berada di sana. Hal ini karena teh hijau telah terbukti meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan tingkat metabolisme.

Dalam satu penelitian di 10 pria sehat, teh hijau meningkatkan pengeluaran energi sebesar 4%. Studi lain menunjukkan bahwa oksidasi lemak meningkat sebesar 17%, yang menunjukkan bahwa teh hijau dapat selektif meningkatkan pembakaran lemak.

3. Teh Hijau Dapat Melindungi Otak Dari Penuaan dan Menurunkan Risiko Alzheimer dan Parkinson


Teh hijau tidak hanya berkhasiat untuk meningkatkan fungsi otak dalam jangka pendek, itu juga dapat melindungi otak Anda di usia tua.

Beberapa studi menunjukkan bahwa senyawa catechin dalam teh hijau dapat memiliki berbagai efek protektif pada neuron dalam tabung reaksi dengan bahan percobaan menggunakan hewan, dan terbukti berpotensi menurunkan risiko Alzheimer dan Parkinson.

4. Teh hijau Bisa Membunuh Bakteri, Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Menurunkan Risiko Infeksi


Katekin dalam teh hijau memiliki efek biologis lain juga. Beberapa studi menunjukkan bahwa mereka dapat membunuh bakteri dan menghambat virus seperti virus influenza, serta berpotensi menurunkan risiko infeksi.

Studi lainnya juga menunjukkan bahwa katekin dalam teh hijau bisa menghambat pertumbuhan mutans streptokokus yang menyebabkan pembentukan plak dan merupakan kontributor utama gigi berlubang dan kerusakan gigi. Konsumsi teh hijau dikaitkan dengan peningkatan kesehatan gigi dan risiko yang lebih rendah dari karies


5. Teh Hijau Dapat Mengurangi Risiko Anda dari Penyakit Kardiovaskular


Penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung dan stroke, adalah penyebab kematian terbesar di dunia. Dalam beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan beberapa faktor risiko utama untuk penyakit ini.

Intinya: Teh hijau telah terbukti dapat menurunkan kolesterol total dan LDL, serta melindungi partikel LDL dari oksidasi. studi observasional menunjukkan bahwa peminum teh hijau memiliki risiko lebih rendah dari penyakit jantung.

6.Teh Hijau Untuk Mengatasi Jerawat


Katekin dalam teh hijau tidak hanya berkhasiat untuk melawan bakteri atau virus penyebab flu, tapi juga dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Katekin bahkan membantu mengatur ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, salah satu penyebab utama jerawat.

Selain itu, anti-inflamasi dari teh hijau membantu mengurangi kemerahan dan peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Sebuah studi yang dillakukan pada tahun 2012 dan telah diterbitkan dalam Journal of Investigative Dermatology menyimpulkan bahwa epigallocatechin-3-gallate (EGCG), komponen dalam teh hijau, membantu mengobati jerawat dengan memodulasi target molekul intraseluler dan menghambat p. bakteri acnes.

7. Teh Hijau Dapat Merangsang Pertumbuhan Rambut


Teh hijau mengandung jumlah antioksidan tinggi yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Katekin di dalamnya memiliki 5-alpha-reductase menghambat properti yang membantu blok DHT (dihidrotestosteron), salah satu penyebab utama kerontokan pada rambut. Bahkan, teh hijau ini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut baru dan mencegah masalah umum seperti kulit kepala kering dan ketombe.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2005 dan diterbitkan dalam Journal of Medical Association Nasional menemukan bahwa polifenol dalam teh hijau membantu mencegah rambut rontok.

Sekarang Anda sudah tahu kan betapa banyaknya manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi teh hijau ini untuk kesehatan tubuh dan kecantikan.

Jadi, jangan malas untuk menyeduh dan mengkonsumsi teh hijau mulai sekarang ya. Untuk penyerapan khasiat teh hijau lebih baik, sebaiknya Anda mengkonsumsi teh hijau tanpa menambahkan gula atau yang lainnya. Jika ingin tambahan rasa, sedikit madu atau perasan lemon bisa menjadi alternatif.

7 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar